JELAJAH SURGA TOGEAN

PAKET TERBUKA
( 5 hari )
Kepulauan Togean, Sulawesi



BBC Inggris pernah membuat sebuah dokumenter epik mengenai sosok legendaris di Togean, judulnya "Jago". Bila Anda tonton dokumenter tersebut, itulah penggambaran Togean sesungguhnya. Manusia laut; lahir, besar, dan mati di laut. Jangan-jangan Aquaman sebenarnya anak suku Bajo dari Togean.

Bagi masyarakat Bajo, laut adalah halaman rumah. Hilir mudik sampan berdayung dan sesekali perahu bermotor tempel ditemani suara deru air berombak memecah ketenangan laut di bawah panggung halaman rumah tempat kita nanti berteduh.

Perjalanan ini mengajak Anda untuk menjadi manusia laut bersama suku Bajo asli. Tinggal di rumah mereka, di atas laut. Anda akan diajak untuk berlatih mengayuh sampan, membuat kacamata selam tradisional, hingga membakar ikan dan masak a la orang Bajo. 

Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk leyeh-leyeh sembari memandang biru lautan, sebelum menikmati ikan bakar segar hasil tangkapan sendiri - dilanjutkan berperahu dan menyelam untuk menikmati terumbu karang nan permai. Sungguh kenikmatan surgawi

Minimum booking: 4 orang

Maximum booking: 6 orang

Harga: Rp. 8.900.000 / Orang

Periode ketersediaan: 6 - 10 November



Formulir Pemesanan

Di hari pertama, kita akan berjumpa di Bandara Palu. Bersama kita lanjut terbang ke Bandara Tanjung Api, Ampana, kemudian menyeberang menggunakan kapal cepat ke Wakai. Dari Wakai kita akan lanjut menggunakan perahu ke pulau yang dihuni masyarakat Bajo. Percayalah, rangkaian perjalanan ini akan menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata. 

Hari kedua kita mulai dengan berjalan keliling kampung. Di Pulau Papan, nyaris tidak ada tanah, hanya batu karang besar dan sedikit pasir pantai. Rumah-rumah berdiri di atas panggung kayu yang dipancangkan ke dalam laut. Dari satu rumah ke rumah lain dihubungkan dengan jalan yang terbuat dari panggung kayu.

Kemudian kita akan belajar menggunakan sampan dan dilanjutkan dengan mengunjungi pulau-pulau sekitar tempat tinggal kita untuk mencari ikan serta binatang laut lainnya yang dapat dikonsumsi. Berburu ikan a la masyarakat Bajo tentunya.

Di hari ke-3, kita akan mengunjungi beberapa spot menarik di seputar Taman Nasional Kepulauan Togean. Dimulai dengan mengunjungi  danau ubur-ubur tanpa sengat (stingless jellyfish), Danau Mariona. Selepas itu kita mengunjungi pantai-pantai cantik dan spot snorkeling.  Di malam hari kita bisa ikut orang Bajo untuk pergi ke bagan-bagan ikan milik mereka untuk memanen ikan.

Keesokan hari, kita akan menikmati perkampungan Bajo dengan aktivitas rngan serta santai seperti membuat kacamata selam tradisional, mengolah hasil laut, dan tentu saja, ber-sonerkeling ria menikmati laut yang jernih. Di malam hari kita bisa mengadakan perpisahan dengan masyarakat lokal di kampung-kampung Bajo yang telah kita akrabi.

Hari ke-5, kita berpamitan dengan masyarakat Bajo, dan menuju Wakai kemudian menyeberang ke Ampana untuk terbang ke kota Palu. Kembali ke kota masing-masing dari Palu. 

Apa yang harus disiapkan

Diperjalanan ini, Anda akan menghabiskan mayoritas waktu Anda bermain di laut. Baju dan perlengkapan renang yang nyaman serta peralatan pendukung seperti alat snorkeling wajib Anda bawa. Teriknya matahari pesisir harus diatasi dengan memakai krim sunblock yang bagus. Sebaiknya Anda membawa tas ransel hiking - sehingga memudahkan untuk beraktivitas.

Bawa uang tunai secukupnya, karena akses ATM terbatas. Konsultasikan dengan pimpinan perjalanan, berapa uang tunai yang harus disiapkan untuk kebutuhan Anda pribadi selama perjalanan.

Membawa kamera tentu jadi keharusan, terlebih jenis underwater camera. Bila Anda fotografer hobi atau pemula, kami sarankan untuk membawa kamera yang compact dengan multipurpose lens. Lansekap Togean sangat indah, bila Anda ingin memotretnya, kami sarankan membawa tripod.

Area yang kita tuju cukup terpencil dengan banyak keterbatasan. Sinyal seluler sulit didapat serta ketersediaan listrik terbatas. Membawa powerbank dan baterai cadangan untuk berjaga-jaga sangat disarankan. 

Sepatu kets serta sendal menjadi pelengkap yang penting, bersama matras atau kantung tidur. Krim anti nyamuk serta dry bag sebaiknya Anda siapkan juga. Anda bisa berkonsultasi dengan kami mengenai jenis obat-obatan seperti apa yang mesti Anda bawa.


Tips

Bawalah kantong plastik sebagai cadangan sampai Anda menemukan tempat sampah. Pelajari serta hormati budaya serta kebiasaan para penduduk lokal. Misalnya, biasakan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki kediaman seseorang.

Biasakan untuk meminta ijin sebelum memotret para warga lokal dan keseharian mereka. Jangan menyalakan api atau membuang puntung rokok sembarangan saat berkunjung ke kawasan hutan dengan dedaunan yang cenderung mudah terbakar. Jangan sembarangan memetik bunga atau akar pepohonan kala berwisata ke alam terbuka.

Jangan menawar harga terlalu rendah untuk kerajinan para penduduk lokal. Belajar untuk mengapresiasi niat serta usaha mereka. Konsultasilah dengan pimpinan perjalanan Anda mengenai harga-harga barang/kebutuhan yang Anda ingin beli di lokasi. Ikuti instruksi dari pemimpin perjalanan Anda, adalah ide yang baik.


Fasilitas yang kami sediakan

Untuk perjalanan ini, harga yang kami tawarkan sudah meliputi:
  • Tiket pesawat Palu – Ampana – Palu  
  • Transportasi darat & laut selama perjalanan
  • Makan selama perjalanan sesuai jadwal
  • Oleh-oleh untuk warga lokal
  • Tip untuk pertunjukan tradisi
  • Honor pemandu lokal
  • Tiket masuk jika dibutuhkan
  • Perijinan lokal
  • Akomodasi di Tuan rumah lokal
  • Asuransi perjalanan (Allianz Indonesia)
 
Harga tidak termasuk:
  • Tiket penerbangan ke dan dari Palu
  • Pengeluaran dan kebutuhan pribadi
  • Tip untuk warga lokal

Kami selalu terbuka konsultasi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ini bersama kami. Keselamatan serta kenyamanan Anda adalah prioritas kami. Bila Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan mengenai paket ini, silahkan hubungi kami di plesir@spektakel.id.

 
Syarat & Ketentuan

Peserta dengan penyakit kronis ataupun penyakit bawaan wajib memberitahu secara tertulis kepada pihak Spektakel sebelum perjalanan dilakukan.

Spektakel tidak bertanggung jawab atas keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan, atau hal lain karena kelalaian peserta. 

Jika dalam perjalanan terjadi perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan perubahan rencana perjalanan dan/atau pembatalan rencana perjalanan, maka pihak Spektakel tidak dapat disalahkan karena force majeure ini.

Berbagai kegiatan pilihan yang ingin dilakukan selama perjalanan wajib dikonfirmasikan kepada Spektakel sebelum keberangkatan.

Peserta perjalanan dianggap telah menyetujui Keadaan Umum dari perjalanan ini bila tidak ada pemberitahuan menyangkut berbagai hal diatas, kepada pihak Spektakel sebelum hari keberangkatan.




  Laki-laki      Perempuan