TENGGER YADNYA KARO

PAKET TERBUKA
( 4 Hari 3 Malam )
Pegunungan Bromo, Jawa Timur



Masyarakat Tengger tinggal di kawasan Pegunungan Bromo Tengger Semeru, yang wilayahnya masuk ke dalam lingkup 4 Kabupaten di propinsi Jawa Timur. Yakni, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Probolinggo. Sebagian besar dari wilayah pegunungan ini telah menjadi Taman Nasional sejak 1982, meski secara resmi pemerintah RI baru menetapkannya pada tahun 1992.

Masyarakat Tengger, menurut banyak ahli, dipercaya telah tinggal di kawasan ini sejak zaman Kerajaan Majapahit. Karena itu, kepercayaan yang mereka anut hingga saat ini masih sama seperti saat Majapahit berjaya. Banyak orang yang mengklasifikasikan kepercayaan tersebut sebagai ajaran Hindu. Karena ada banyak perbedaan dengan laku Hindu pada umumnya, maka kepercayaan yang dianut masyarakat Tengger dinamakan Hindu Tengger.

Salah satu hari raya sakral yang dirayakan oleh segenap masyarakat Tengger adalah Yadnya Karo. Hari raya ini merupakan wujud syukur masyarakat Tengger pada proses penciptaan. Baik dalam bentuk mikro, yaitu manusia, maupun dalam bentuk makro, alam semesta.

Menurut perhitungan kalender masyarakat Tengger, perayaan Yadnya Karo akan jatuh di minggu terakhir bulan Agustus 2018. Seperti hari raya pada umumnya, berbagai bentuk ritual dan keriaan akan tersaji. 

Proses utuh perayaan Yadnya Karo masyarakat Tengger adalah hal yang SpektakelPlesir! tawarkan. Untuk perayaan ini, masyarakat Tengger memang cenderung terbuka. Keikutsertaan kita didalamnya tentu akan semakin membuka wawasan tentang masyarakat Tengger. Dan tentu kita akan bersenang-senang bersama masyarakat Tengger. Karena walau bagaimana, suatu perayaan hari raya yang khidmat pasti akan diakhiri dengan keceriaan dan kesenangan.


Jadwal Perjalanan:
27 s/d 30 Agustus 2018



Formulir Pemesanan

Hari 1 : 27 Agustus 2018. Surabaya/Malang – Tengger. 

Penerbangan: Surabaya atau Malang, Makan : siang, malam.

Tiba di bandara Surabaya atau Malang akan dijemput untuk diantarkan ke salah satu desa Tengger.

Setelah tiba di Tengger, kita akan check-in di hotel. Lalu berkeliling untuk melihat persiapan yang dilakukan untuk perayaan Yadnya Karo. Di sore atau malam hari kita akan mengunjungi salah satu dukun masyarakat Tengger. Dukun-dukun di Tengger merupakan para pemimpin agama. Kita akan menggali berbagai hal tentang masyarakat Tengger dan perayaan Yadnya Karo.


Hari 2 : 28 Agustus 2018. Seputar Tengger.

Makan : sarapan, siang, malam.

Selesai sarapan, kita akan menuju salah satu tempat pelaksanaan ritual Tari Sodoran. Dan mengikuti prosesi ini sepanjang hari. Kita juga akan berkeliling ke berbagai kampung masyarakat Tengger untuk melihat keriaan mereka.


Hari 3 : 29 Agustus 2018. Seputar Tengger.

Makan : sarapan, siang, malam.

Setelah sarapan kita akan mengikuti prosesi lain yang dilakukan masyarakat Tengger. Prosesi hari ini pun berlangsung dari pagi hingga sore. di malam hari kita masih punya kesempatan untuk berkunjung ke rumah-rumah masyarakat Tengger. Mereka akan dengan senang hati menerima kunjungan kita. Siapkan perut kita untuk menerima berbagai sajian mereka. Anda belum kenyang, maka anda akan dilarang untuk beranjak pergi.


Hari 4: 30 Agustus 2018.Tengger – Surabaya/Malang.

Makan : sarapan, siang

Sarapan selesai, kita akan ikut masyarakat Tengger dalam prosesi Nyadran. Yaitu mengunjungi makam-makam keluarga dan kerabat yang telah pergi mendahului. Untuk melepas kembali roh-roh mereka ke alamnya, setelah sebelumnya ikut merayakan Yadnya Karo bersama. Siang atau sore hari perayaan Yadnya Karo akan ditutup dengan Tari Ujungan. Setelah menikmati tari Ujungan, maka kita akan menuju bandar udara Surabaya atau Malang untuk kembali ke kota masing-masing. 

Perjalanan Selesai. 

Registrasi :
  • Januari 2018 – Juli 2018, tempat terbatas:
  • Maksimum 10 orang.
  • Uang muka : 30% dari biaya perjalanan.
  • Pelunasan harus dilakukan maksimal 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Titik awal perjalanan :
Bandar udara Juanda, Surabaya atau bandar udara Abdurrahman Saleh, Malang.

Harga termasuk:
  • Transportasi darat selama perjalanan
  • Makan seperti yang disebutkan di Rencana Perjalanan
  • Oleh-oleh untuk warga lokal
  • Pertunjukan tradisi
  • Pemandu lokal
  • Tiket masuk jika dibutuhkan
  • Perijinan lokal
  • Akomodasi
  • Asuransi perjalanan (Allianz Indonesia)
 
Harga tidak termasuk:
  • Tiket penerbangan ke dan dari Surabaya atau Malang
  • Pengeluaran bersifat pribadi
  • Ketertarikan pribadi
  • Tip

 
Barang yang sebaiknya dibawa:
  • Pakaian secukupnya
  • Pakaian hangat
  • Senter
  • Tabir surya dan topi
  • Sepatu nyaman untuk segala medan
  • Sendal
  • Jas hujan atau payung kecil
  • Obat-obatan pribadi
  • Makanan atau cemilan favorit
  • Kamera.



Keadaan Umum:
  1. Peserta dengan penyakit kronis ataupun penyakit bawaan, wajib memberitahu secara tertulis kepada pihak SpektakelPlesir! sebelum perjalanan dilakukan.
  2. SpektakelPlesir! tidak bertanggung jawab atas keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan, ataupun ketinggalan pesawat karena kelalaian peserta. Itinerari akan disesuaikan sebaik-baiknya jika terjadi keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan. Penambahan biaya yang terjadi disebabkan peserta yang tertinggal pesawat akan dibebankan kepada peserta.
  3. Jika terjadi pembatalan penerbangan pada hari H keberangkatan, harus didiskusikan lebih dulu terkait keikutsertaan perjalanan. Jika keputusan akhir adalah pembatalan/pengunduran perjalanan, maka pengembalian biaya perjalanan akan diberikan setelah dilakukan perhitungan ulang atas biaya yang bisa dikembalikan kepada peserta.
  4. Jika terjadi pembatalan penerbangan pada hari H kepulangan yang menyebabkan terjadinya penambahan biaya, maka akan dilakukan musyawarah untuk berbagi biaya dengan peserta lainnya.
  5. Sailing, snorkeling, diving (termasuk freediving), trekking, berburu, dan kegiatan lain yang dilakukan saat perjalanan merupakan kegiatan yang berisiko tinggi dan dapat mengakibatkan kecelakaan ringan atau berat.
  6. Pendaftaran dan keikutsertaan pada perjalanan ini dilakukan atas keinginan sendiri; dengan kata lain, tanpa paksaan. Kecelakan yang terjadi saat perjalanan menjadi tanggung jawab dari para peserta perjalanan. Pihak SpektakelPlesir! tidak akan dituntut jika terjadi kecelakaan, namun pihak SpektakelPlesir! akan membantu semaksimal mungkin jika hal ini terjadi.
  7. Setiap jadwal perjalanan telah dipertimbangan dengan baik dari segi kondisi alam dan cuaca, namun jika dalam perjalanan terjadi perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan perubahan rencana perjalanan dan atau rencana perjalanan yang ada tidak dapat dijalankan, maka pihak SpektakelPlesir! tidak dapat disalahkan karena force majeure ini.
  8. Berbagai kegiatan pilihan (opsional) yang ingin dilakukan selama perjalanan wajib dikonfirmasikan kepada SpektakelPlesir! sebelum keberangkatan.
  9. Perjalanan ini dilindungi oleh asuransi perjalanan lokal.
  10. Peserta perjalanan dianggap telah menyetujui Keadaan Umum dari perjalanan ini bila tidak ada email menyangkut berbagai hal tersebut diatas yang dikirimkan peserta kepada pihak SpektakelPlesir! sebelum hari keberangkatan.

  Laki-laki      Perempuan