BERKUDA DI SUMBA TIMUR

PAKET TERBUKA
( 5 hari )
Sumba, Nusa Tenggara Timur



Pulau eksotis dengan bentang pantai nan cantik langsung bisa diintip dari jendela pesawat yang bisa ditempuh 1 jam 50 menit dari Denpasar, Bali. Tiba di bandara Umbu Mehang Kunda, udara sejuk langsung bisa dirasa. 5 menit kemudian, pemandangan kota Waingapu dengan deretan rumah panggung yang membaur dengan rumah-rumah modern menghiasi sepanjang jalan.

Padang savana mengering di kanan kiri menjadi selendang panjang bagi para wisatawan yang baru keluar dari Waingapu. Jalanan beraspal mulus nir gelombang membujur sepanjang perjalanan. Lurus dan sepi adalah kata yang tepat untuk menggambarkan jalan darat di hampir semua jalanan di pulau ini. Kuda yang berlarian dan arakan awan adalah suguhan romantika khas Sumba.

Perilaku apapun dalam melakoni hidup harus sejalan dengan berbagai aturan adat yang dimiliki orang Sumba. Budaya megalit, tenun ikat, dan berkuda merupakan nafas utama budaya Sumba.

Kami memfasilitasi keingintahuan Anda tentang Sumba. Mengajak Anda untuk tinggal bersama masyarakat kampung Rende di Sumba Timur. Tipikal masyarakat Sumba yang masih memeluk erat tradisi.  Di sana, kita belajar berbagai tradisi Sumba; berkuda, membuat pewarna alam, atau membantu mempersiapkan ritual adat yang selalu diselenggarakan - sembari menyaksikan lansekap yang luar biasa.

Minimum booking: 4 orang

Maximum booking: 8 orang

Harga: Rp.8.000.000 / Orang

Periode ketersediaan:4-8 Desember 2019



Formulir Pemesanan

Kita akan berkumpul di Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu. Kemudian menuju kampung Prailiu, dan dilanjutkan pergi ke Kampung adat Rende untuk bertemu masyarakat selaku Tuan Rumah. Hari ini kita isi dengan kegiatan bersantai dengan ramah tamah sambil menikmati senja di Bukit Rende.

Keesokan harinya, selepas sarapan, kita akan belajar mengendarai kuda dengan teknik orang Sumba. Berkeliling menggunakan kuda di seputar wilayah Rende. Malam harinya, kita akan berkumpul dengan warga. Tak perlu diundang atau diumumkan, satu persatu warga kampung adat biasanya akan datang ke Umah Boukul (rumah adat besar) untuk berkenalan dan berbincang dengan Anda. Tak jarang mereka menanyakan hal-hal lucu dan menarik soal politik, ekonomi, transportasi.

Di hari ke-3 kita belajar membuat berbagai pewarna alam untuk mewarnai benang yang akan digunakan untuk menenun kain tenun khas Sumba. Berbagai teknik tenun juga akan kita pelajari bersama seniman kain ikat Rende. Kita juga bisa melihat lebih dekat kuburan batu dan arsitektur rumah adat.

Di hari ke-4, kita pergi mengunjungi beberapa lansekap yang menjadi tengara di Sumba Timur, seperti bukit Warinding, pantai Walakiri, dan padang savana Puru Kambera. Di malam hari kita akan adakan acara perpisahan dengan Tuan Rumah di Rende. Di momen seperti ini, biasanya mereka akan menawarkan kita untuk mencoba pinang sirih. Kita harus mencobanya, karena bila tidak - kita bisa menyinggung perasaan mereka. Namun kalau tak ingin, cukup tarik kotak pinang sirih, taruh di depan kaki kalian. Hal ini sudah cukup menunjukan rasa hormat.

Hari ke-5 adalah hari perpisahan. Selesai berbenah, kita berpamitan dengan Tuan Rumah, kemudian menuju Bandara Umbu Mehang Kunda untuk kembali ke kota masing-masing.

Apa yang harus disiapkan

Agar perjalanan ini berjalan lancar dan Anda mendapatkan pengalaman yang maksimal, kami sarankan untuk membawa pakaian secukupnya agar beban bawaan Anda efektif. 5 potong t-shirt dengan 1 flanel, 1 potong celana pendek dan panjang sudah cukup. Sebaiknya Anda membawa tas ransel hiking - sehingga memudahkan untuk beraktivitas.

Siapkan fisik dan mental Anda. Perjalanan ke Sumba Timur tidak sulit, tetapi bukan tipe perjalanan santai. Anda akan berhadapan dengan kondisi alam dengan suhu rata-rata adalah 22,5 derajat sampai 31,7 derajat Celsius, termasuk beriklim kering.

Membawa kamera tentu jadi keharusan. Bila Anda fotografer hobi atau pemula, kami sarankan untuk membawa kamera yang compact dengan multipurpose lens. Lansekap Sumba Timur sangat indah, bila Anda ingin memotretnya, kami sarankan membawa tripod.

Area yang kita tuju cukup banyak keterbatasan. Sinyal seluler sulit didapat serta ketersediaan listrik terbatas. Membawa powerbank dan baterai cadangan untuk berjaga-jaga sangat disarankan. Juga senter atau headlamp akan berguna dalam perjalanan ini. 

Bawa uang tunai secukupnya, karena akses ATM terbatas. Konsultasikan dengan pimpinan perjalanan, berapa uang tunai yang harus disiapkan untuk kebutuhan Anda pribadi selama perjalanan.

Sepatu khusus outdoor serta sendal trekking wajib Anda bawa, bersama matras atau kantung tidur. Krim anti nyamuk dan sun block, serta dry bag, sebaiknya Anda siapkan juga. Anda bisa berkonsultasi dengan kami mengenai jenis obat-obatan seperti apa yang mesti Anda bawa.

 
Tips

Bawalah kantong plastik sebagai cadangan sampai Anda menemukan tempat sampah. Pelajari serta hormati budaya serta kebiasaan para penduduk lokal. Misalnya, biasakan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki kediaman seseorang.

Biasakan untuk meminta ijin sebelum memotret para warga lokal dan keseharian mereka. Jangan menyalakan api atau membuang puntung rokok sembarangan saat berkunjung ke kawasan hutan dengan dedaunan yang cenderung mudah terbakar. Jangan sembarangan memetik bunga atau akar pepohonan kala berwisata ke alam terbuka.

Jangan menawar harga terlalu rendah untuk kerajinan para penduduk lokal. Belajar untuk mengapresiasi niat serta usaha mereka. Konsultasilah dengan pimpinan perjalanan Anda mengenai harga-harga barang/kebutuhan yang Anda ingin beli di lokasi. Ikuti instruksi dari pemimpin perjalanan Anda, adalah ide yang baik.


Fasilitas yang kami sediakan

Untuk perjalanan ini, harga yang kami tawarkan sudah meliputi:
  • Transportasi darat selama perjalanan
  • Makan selama perjalanan sesuai jadwal
  • Oleh-oleh untuk warga lokal
  • Tip untuk pertunjukan tradisi
  • Honor pemandu lokal
  • Tiket masuk jika dibutuhkan
  • Perijinan lokal
  • Akomodasi di Tuan rumah lokal
  • Asuransi perjalanan (Allianz Indonesia)
 
Harga tidak termasuk:
  • Tiket penerbangan ke Waingapu dan dari Tambolaka
  • Pengeluaran dan kebutuhan pribadi
  • Tip untuk warga lokal

Kami selalu terbuka konsultasi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ini bersama kami. Keselamatan serta kenyamanan Anda adalah prioritas kami. Bila Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan mengenai paket ini, silahkan hubungi kami di plesir@spektakel.id.

 
Syarat & Ketentuan

Peserta dengan penyakit kronis ataupun penyakit bawaan wajib memberitahu secara tertulis kepada pihak Spektakel sebelum perjalanan dilakukan.

Spektakel tidak bertanggung jawab atas keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan, atau hal lain karena kelalaian peserta. 

Jika dalam perjalanan terjadi perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan perubahan rencana perjalanan dan/atau pembatalan rencana perjalanan, maka pihak Spektakel tidak dapat disalahkan karena force majeure ini.

Berbagai kegiatan pilihan yang ingin dilakukan selama perjalanan wajib dikonfirmasikan kepada Spektakel sebelum keberangkatan.

Peserta perjalanan dianggap telah menyetujui Keadaan Umum dari perjalanan ini bila tidak ada pemberitahuan menyangkut berbagai hal diatas, kepada pihak Spektakel sebelum hari keberangkatan.



  Laki-laki      Perempuan