JUMPA ALIEN DI LORE LINDU

PAKET TERBUKA
( 5 hari )
Lembah Bada, Sulawesi Tengah



Lore Lindu menyimpan sisa peradaban megalitikum yang menakjubkan, hingga saat ini masih membuat para ahli bertanya-tanya. Patung-patung batu besar, kalamba (wadah batu), dan batu menhir berbagai ukuran tersebar di lembah-lembah itu. Siapa yang membuat, apa fungsinya, dan berapa sebenarnya usia peradaban megalit di Lore Lindu masih menjadi bahan perdebatan para ahli.

Bila Anda ikut kami mengunjunginya, pasti terkesima. Ditambah keunikan flora dan fauna di Taman Nasional Lore yang indah. Taman Nasional Lore Lindu terletak di jantung pulau Sulawesi, menjadikannya duduk tepat di garis Wallacea. Dengan luas lebih dari 200 ribu hektar, Taman Nasional ini sebagian besar wilayahnya terletak di 3 lembah kembar; Lembah Bada, Lembah Besoa, dan Lembah Napu. Nama Lore Lindu merupakan nama gabungan dari dataran tinggi Lore, lokasi ketiga lembah kembar diatas, dan danau Lindu. 

Kami menawarkan penjelajahan peninggalan kebudayaan megalit misterius. Melihat langsung dan coba mengandai apa yang sebenarnya terjadi, karena sampai saat ini hanya ada satu lokasi di seluruh dunia dimana berbagai peninggalan megalit berkumpul menjadi satu, yakni kawasan Lore Lindu. 

Ditambah pengalaman untuk membuat kain dari kayu, dibuat secara tradisional dan alami. Tradisi yang sudah mencul sejak zaman Neolitikum dan masih bertahan hingga hari ini.

Minimum booking: 4 orang

Maximum booking: 6 orang

Harga: Rp. 5.750.000  / Orang

Periode ketersediaan: 20 - 24 November




Formulir Pemesanan

Di hari pertama kita akan menempuh rute Poso - Tentena - Lembah Bada, dengan titik keberangkatan Bandara Kasiguncu, Poso. Mampir sejenak untuk makan siang di Tentena, tepatnya di Dodoha Mosintuwu dan setelahnya melanjutkan perjalanan menuju Lembah Bada. Tiba di Lembah Bada kita disambut dengan tarian penyambutan tamu a la masyarakat Bada. Berkenalan dengan Tuan Rumah dan beradaptasi di Lembah Bada.

Di hari kedua, kita beraktivitas  mengumpulkan berbagai material yang diperlukan untuk membuat kain kulit kayu. Kita juga akan diperkenalkan dengan berbagai peralatan yang digunakan untuk memproses kayu menjadi produk kain. Tradisi ini sudah berkembang jauh sebelum zaman Megalitikum.

Peneliti kain kulit kayu dari Universitas Surugadai, Jepang, Isamu Sakamoto, menyebut tradisi pembuatan kain kulit kayu di Lembah Bada muncul sejak zaman Neolitikum, sekitar 3.600 tahun lalu. Kegiatan hari kedua tentu akan diselingi aktivitas trekking untuk melihat-lihat lansekap sekitar.


Di hari ketiga kita akan belajar proses lanjutan untuk membuat kain kulit kayu. Bersama sekelompok perempuan Lore, memukuli lembaran kulit kayu yang lebih halus menggunakan batu ike, alat pemukul dari lempengan batu dengan pola garis-garis yang diapit anyaman batang rotan sebagai pegangan. Seluruh proses pembuatan kain kulit kayu di Lembah Bada dilakukan secara manual menggunakan bahan alamiah. Menurut para peneliti, pemanfaatan batu ike seperti ini tidak ditemukan lagi di belahan dunia mana pun.

Kegiatan di hari keempat akan kita isi dengan berkeliling Lembah Bada. Melihat berbagai situs peninggalan megalitikum yang ada di lembah besar ini. Situs-situs ini terletak tersebar di seantero lembah, karenanya kita akan habiskan sepanjang siang untuk mengunjunginya. Di malam akan diadakan Tari Dero bersama, sebagai tanda persahabatan dan ucapan perpisahan dengan Tuan Rumah.

Hari kelima adalah hari perpisahan kita dengan Tuan Rumah. Selesai berbenah, kita akan menuju Bandara Kasiguncu dan terbang kembali menuju kota masing-masing.

Apa yang harus disiapkan

Agar perjalanan ini berjalan lancar dan Anda mendapatkan pengalaman yang maksimal, kami sarankan untuk membawa pakaian secukupnya agar beban bawaan Anda efektif. Jangan lupa baju/jaket hangat, mengingat suhu di area cukup dingin. Sebaiknya Anda membawa tas ransel hiking - sehingga memudahkan untuk beraktivitas.

Bawa uang tunai secukupnya, karena akses ATM terbatas. Konsultasikan dengan pimpinan perjalanan, berapa uang tunai yang harus disiapkan untuk kebutuhan Anda pribadi selama perjalanan.

Membawa kamera tentu jadi keharusan. Bila Anda fotografer hobi atau pemula, kami sarankan untuk membawa kamera yang compact dengan multipurpose lens. Lansekap Lore Lindu sangat indah, bila Anda ingin memotretnya, kami sarankan membawa tripod.

Area yang kita tuju cukup terpencil dengan banyak keterbatasan. Sinyal seluler sulit didapat serta ketersediaan listrik terbatas. Membawa powerbank dan baterai cadangan untuk berjaga-jaga sangat disarankan. Juga senter atau headlamp akan berguna dalam perjalanan ini. 

Sepatu khusus outdoor serta sendal trekking wajib Anda bawa, bersama matras atau kantung tidur. Krim anti nyamuk dan sun block, serta dry bag, sebaiknya Anda siapkan juga. Anda bisa berkonsultasi dengan kami mengenai jenis obat-obatan seperti apa yang mesti Anda bawa.


Tips

Bawalah kantong plastik sebagai cadangan sampai Anda menemukan tempat sampah. Pelajari serta hormati budaya serta kebiasaan para penduduk lokal. Misalnya, biasakan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki kediaman seseorang.

Biasakan untuk meminta ijin sebelum memotret para warga lokal dan keseharian mereka. Jangan menyalakan api atau membuang puntung rokok sembarangan saat berkunjung ke kawasan hutan dengan dedaunan yang cenderung mudah terbakar. Jangan sembarangan memetik bunga atau akar pepohonan kala berwisata ke alam terbuka.

Jangan menawar harga terlalu rendah untuk kerajinan para penduduk lokal. Belajar untuk mengapresiasi niat serta usaha mereka. Konsultasilah dengan pimpinan perjalanan Anda mengenai harga-harga barang/kebutuhan yang Anda ingin beli di lokasi. Ikuti instruksi dari pemimpin perjalanan Anda, adalah ide yang baik.


Fasilitas yang kami sediakan

Untuk perjalanan ini, harga yang kami tawarkan sudah meliputi:

  • Transportasi darat selama perjalanan
  • Makan selama perjalanan sesuai jadwal
  • Oleh-oleh untuk warga lokal
  • Tip untuk pertunjukan tradisi
  • Honor pemandu lokal
  • Tiket masuk jika dibutuhkan
  • Perijinan lokal
  • Akomodasi di Tuan rumah lokal
  • Asuransi perjalanan (Allianz Indonesia)

 

Harga tidak termasuk:

  • Tiket penerbangan ke dan dari Poso
  • Pengeluaran dan kebutuhan pribadi
  • Tip untuk warga lokal


Kami selalu terbuka konsultasi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ini bersama kami. Keselamatan serta kenyamanan Anda adalah prioritas kami. Bila Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan mengenai paket ini, silahkan hubungi kami di plesir@spektakel.id.

 

Syarat & Ketentuan

Peserta dengan penyakit kronis ataupun penyakit bawaan wajib memberitahu secara tertulis kepada pihak Spektakel sebelum perjalanan dilakukan.

Spektakel tidak bertanggung jawab atas keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan, atau hal lain karena kelalaian peserta. 

Jika dalam perjalanan terjadi perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan perubahan rencana perjalanan dan/atau pembatalan rencana perjalanan, maka pihak Spektakel tidak dapat disalahkan karena force majeure ini.

Berbagai kegiatan pilihan yang ingin dilakukan selama perjalanan wajib dikonfirmasikan kepada Spektakel sebelum keberangkatan.

Peserta perjalanan dianggap telah menyetujui Keadaan Umum dari perjalanan ini bila tidak ada pemberitahuan menyangkut berbagai hal diatas, kepada pihak Spektakel sebelum hari keberangkatan.




  Laki-laki      Perempuan