WAKATOBI (Bajo Live-in)

PAKET TERBUKA
( 5 hari 4 malam )
Wakatobi, Sulawesi



Suku Bajo, atau biasa disebut juga Orang Bajo, mayoritas bermukim di Sulawesi dan dikenal luas sebagai sang pengembara laut. Selain di sekitar pulau Sulawesi, pemukiman suku Bajo tersebar di puluhan propinsi lain di Indonesia. Beberapa pemukiman bahkan ada di negara Filipina, Myanmar, Malaysia, hingga Thailand. 

Kita bisa mengunjungi salah satu pemukiman mereka di Mantigola, dekat Pulau Kaledupa, Kepulauan Tukang Besi. Atau dengan nama lain yang lebih dikenal, yaitu Kepulauan Wakatobi. Singkatan dari 4 pulau utama di kepulauan tersebut, Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Taman Nasional yang sangat terkenal karena keindahan mikro organisme bawah lautnya.

Di kepulauan ini Orang Bajo telah tinggal selama puluhan generasi. Dan pemukiman mereka tersebar di beberapa lokasi didalam kepulauan Tukang Besi. Suku Bajo sangat terkenal sebagai Orang Laut. Mereka tidak tinggal di daratan, melainkan menghabiskan banyak waktu hidupnya di atas laut. Mata pencaharian utama mereka adalah nelayan. Sebutan mereka kepada orang selain Bajo adalah Orang Darat.

SpektakelPlesir! mengajak Anda untuk mengalami hidup bersama suku Bajo. Merasakan keseharian mereka sebagai Orang laut. Tinggal di rumah penduduk Suku Bajo, kita akan melakukan banyak aktifitas seperti belajar mengayuh sampan, menyelam bebas sambil berburu ikan, mengolah berbagai hasil laut, membuat kacamata renang a la masyarakat Bajo, hingga belajar ilmu bela diri silat yang uniknya aktif dilakukan oleh masyarakat Suku Bajo di Kepulauan Tukang Besi ini.

Jadwal Perjalanan:
1 - 5 Mei 2018
16 - 20 November 2018



Formulir Pemesanan

Hari 1 : Wanci – Kaledupa – Mantigola 

Kedatangan: bandar udara Matahora, Wanci. Makan : siang, malam.

Tiba di Wanci, lalu melanjutkan perjalanan menuju pulau Kaledupa.

Dari Kaledupa kita akan berganti perahu yang lebih kecil untuk mencapai Mantigola. Kita lalu berkenalan dengan Tuan Rumah dan beradaptasi dengan atmosfer Mantigola.


Hari 2: Mantigola dan perairan sekitarnya

Makan : sarapan, siang, malam.

Selesai sarapan, kita akan belajar menggunakan sampan. Kendaraan sehari-hari masyarakat Bajo. Lalu kita akan mempelajari pula tehnik perburuan ikan masyarakat Bajo. Selain ikan, mereka pun mengumpulkan bulu babi (landak laut) dan teripang. Menginap kembali di Mantigola 


Hari 3: Mantigola dan sekitarnya

Makan : sarapan, siang, malam.

Hari ini kita akan menuju mencari tahu pengolahan hasil laut masyarakat Bajo. Bukan hanya ikan, kita pun akan mengolah teripang dan bulu babi (landak laut) yang kita dapat hari kemarin. Di sore hari sambil bersantai kita akan membuat kacamata renang a la Bajo dan ikut berlatih di sanggar silat mereka. 

Hari 4: Mantigola – Wanci 

Makan : sarapan, siang, malam.

Setelah bersantai di pagi hari, kita akan berpamitan ke masyarakat Bajo Mantigola. Kita menuju Wanci untuk menghabiskan hari terakhir di Wakatobi. Melihat dan singgah di beberapa spot menarik di pulau Wangi-wangi. Menginap di Wanci. 


Hari 5: Wanci 

Makan : sarapan.

Selesai berbenah, kita akan menuju bandar udara Matahora di Wanci untuk kembali ke kota masing-masing. 

Perjalanan Selesai. 

Registrasi :
April 2018 – Juni 2018, dan Oktober 2018 – Desember 2018. Tempat terbatas untuk setiap jadwal:
Maksimum 10 orang.
Uang muka : 30% dari biaya perjalanan.
Pelunasan harus dilakukan maksimal 14 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Titik awal perjalanan :
Bandar udara Matahora, Wanci.
 
Harga termasuk:
  • Transportasi laut selama perjalanan 
  • Transportasi darat selama perjalanan
  • Makan seperti yang disebutkan di Rencana Perjalanan
  • Oleh-oleh untuk warga lokal
  • Pertunjukan tradisi
  • Pemandu lokal
  • Tiket masuk jika dibutuhkan
  • Perijinan lokal
  • Akomodasi
  • Asuransi perjalanan (Allianz Indonesia)
 
Harga tidak termasuk:
  • Tiket penerbangan ke dan dari Wanci
  • Pengeluaran bersifat pribadi
  • Ketertarikan pribadi
  • Tip
 
Barang yang sebaiknya dibawa:
  • Pakaian secukupnya
  • Pakaian renang
  • Kantung tidur dan atau matras kecil
  • Senter
  • Tabir surya dan topi
  • Sepatu nyaman untuk segala medan
  • Sendal
  • Jas hujan atau payung kecil
  • Obat-obatan pribadi
  • Makanan atau cemilan favorit
  • Kamera.


Keadaan Umum:
  1. Peserta dengan penyakit kronis ataupun penyakit bawaan, wajib memberitahu secara tertulis kepada pihak SpektakelPlesir! sebelum perjalanan dilakukan.
  2. SpektakelPlesir! tidak bertanggung jawab atas keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan, ataupun ketinggalan pesawat karena kelalaian peserta. Itinerari akan disesuaikan sebaik-baiknya jika terjadi keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan. Penambahan biaya yang terjadi disebabkan peserta yang tertinggal pesawat akan dibebankan kepada peserta.
  3. Jika terjadi pembatalan penerbangan pada hari H keberangkatan, harus didiskusikan lebih dulu terkait keikutsertaan perjalanan. Jika keputusan akhir adalah pembatalan/pengunduran perjalanan, maka pengembalian biaya perjalanan akan diberikan setelah dilakukan perhitungan ulang atas biaya yang bisa dikembalikan kepada peserta.
  4. Jika terjadi pembatalan penerbangan pada hari H kepulangan yang menyebabkan terjadinya penambahan biaya, maka akan dilakukan musyawarah untuk berbagi biaya dengan peserta lainnya.
  5. Sailing, snorkeling, diving (termasuk freediving), trekking, berburu, dan kegiatan lain yang dilakukan saat perjalanan merupakan kegiatan yang berisiko tinggi dan dapat mengakibatkan kecelakaan ringan atau berat.
  6. Pendaftaran dan keikutsertaan pada perjalanan ini dilakukan atas keinginan sendiri; dengan kata lain, tanpa paksaan. Kecelakan yang terjadi saat perjalanan menjadi tanggung jawab dari para peserta perjalanan. Pihak SpektakelPlesir! tidak akan dituntut jika terjadi kecelakaan, namun pihak SpektakelPlesir! akan membantu semaksimal mungkin jika hal ini terjadi.
  7. Setiap jadwal perjalanan telah dipertimbangan dengan baik dari segi kondisi alam dan cuaca, namun jika dalam perjalanan terjadi perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan perubahan rencana perjalanan dan atau rencana perjalanan yang ada tidak dapat dijalankan, maka pihak SpektakelPlesir! tidak dapat disalahkan karena force majeure ini.
  8. Berbagai kegiatan pilihan (opsional) yang ingin dilakukan selama perjalanan wajib dikonfirmasikan kepada SpektakelPlesir! sebelum keberangkatan.
  9. Perjalanan ini dilindungi oleh asuransi perjalanan lokal.
  10. Peserta perjalanan dianggap telah menyetujui Keadaan Umum dari perjalanan ini bila tidak ada email menyangkut berbagai hal tersebut diatas yang dikirimkan peserta kepada pihak SpektakelPlesir! sebelum hari keberangkatan.

  Laki-laki      Perempuan