UJUNG SURGA ADA DI WAKATOBI

PAKET TERBUKA
( 5 hari )
Wakatobi, Sulawesi



Surga ada di telapak kaki ibu, ujungnya ada di Wakatobi! Keindahan dan kenikmatan yang tidak terbantahkan. Anda mau bulan madu, bisa. Mau lari dari patah hati, juga bisa. Keindahan Wakatobi sejenak membuat Anda lupa akan kesibukan dunia. Menikmati makanan laut yang segar, sembari melihat lembayung senja. 

Suku Bajo, atau biasa disebut juga Orang Bajo, mayoritas bermukim di Sulawesi dan dikenal luas sebagai sang pengembara laut. Selain di sekitar pulau Sulawesi, pemukiman suku Bajo tersebar di puluhan propinsi lain di Indonesia. Beberapa pemukiman bahkan ada di negara Filipina, Myanmar, Malaysia, hingga Thailand. 

Kita bisa mengunjungi salah satu pemukiman mereka di Mantigola, dekat Pulau Kaledupa, Kepulauan Tukang Besi. Atau dengan nama lain yang lebih dikenal, yaitu Kepulauan Wakatobi. Singkatan dari 4 pulau utama di kepulauan tersebut, Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Taman Nasional yang sangat terkenal karena keindahan mikro organisme bawah lautnya.

Perjalanan ini mengajak Anda untuk menjadi manusia laut bersama suku Bajo asli. Tinggal di rumah mereka, di atas laut. Anda akan diajak untuk berlatih mengayuh sampan, membuat kacamata selam tradisional, hingga membakar ikan dan masak a la orang Bajo. 

Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk leyeh-leyeh sembari memandang biru lautan, sebelum menikmati ikan bakar segar hasil tangkapan sendiri - dilanjutkan berperahu dan menyelam untuk menikmati terumbu karang nan permai. Sungguh kenikmatan surgawi.

Minimum booking: 4 orang
Maximum booking: 6 orang
Harga: Rp. 8.000.000  / Orang
Periode ketersediaan: 23 - 27 Oktober



Formulir Pemesanan

Kita aja berjumpa di Bandara Matahora, Wanci, kemudian melanjutkan perjalanan menuju pulau Kaledupa. Dari Kaledupa kita akan berganti perahu yang lebih kecil untuk mencapai Mantigola. Kita akan berkenalan dengan Tuan Rumah dan beradaptasi dengan atmosfer Mantigola.

Di hari ke-2, kita akan belajar menggunakan sampan. Kendaraan sehari-hari masyarakat Bajo sembari mempelajari teknik berburu ikan a la masyarakat Bajo. Selain ikan, mereka juga mengumpulkan bulu babi (landak laut) dan teripang. Hari ini kita akan kembali menginap di Mantigola.

Hari selanjutnya ini kita melihat pengolahan hasil laut masyarakat Bajo. Bukan hanya ikan, juga mengolah teripang dan bulu babi yang kita dapat dari buruan hari kemarin. Di sore hari, sambil bersantai kita akan membuat kacamata renang a la Bajo dan ikut berlatih di sanggar silat mereka. 

Di hari ke-4, setelah bersantai di pagi hari, kita akan berpamitan dengan Tuan Rumah, kemudian menuju Wanci untuk menghabiskan hari terakhir di Wakatobi. Melihat dan singgah di beberapa spot menarik di pulau Wangi-wangi. Hari ini kita menginap di Wanci. 

Dan hari terakhir di Wanci, kita menuju Bandara Matahora di Wanci untuk kembali ke kota masing-masing.

Apa yang harus disiapkan

Diperjalanan ini, Anda akan menghabiskan mayoritas waktu Anda bermain di laut. Baju dan perlengkapan renang yang nyaman serta peralatan pendukung seperti alat snorkeling wajib Anda bawa. Teriknya matahari pesisir harus diatasi dengan memakai krim sunblock yang bagus. Sebaiknya Anda membawa tas ransel hiking - sehingga memudahkan untuk beraktivitas.

Bawa uang tunai secukupnya, karena akses ATM terbatas. Konsultasikan dengan pimpinan perjalanan, berapa uang tunai yang harus disiapkan untuk kebutuhan Anda pribadi selama perjalanan.

Membawa kamera tentu jadi keharusan, terlebih jenis underwater camera. Bila Anda fotografer hobi atau pemula, kami sarankan untuk membawa kamera yang compact dengan multipurpose lens. Lansekap Togean sangat indah, bila Anda ingin memotretnya, kami sarankan membawa tripod.

Area yang kita tuju cukup terpencil dengan banyak keterbatasan. Sinyal seluler sulit didapat serta ketersediaan listrik terbatas. Membawa powerbank dan baterai cadangan untuk berjaga-jaga sangat disarankan. 

Sepatu kets serta sendal menjadi pelengkap yang penting, bersama matras atau kantung tidur. Krim anti nyamuk serta dry bag sebaiknya Anda siapkan juga. Anda bisa berkonsultasi dengan kami mengenai jenis obat-obatan seperti apa yang mesti Anda bawa.


Tips

Bawalah kantong plastik sebagai cadangan sampai Anda menemukan tempat sampah. Pelajari serta hormati budaya serta kebiasaan para penduduk lokal. Misalnya, biasakan untuk melepas alas kaki sebelum memasuki kediaman seseorang.

Biasakan untuk meminta ijin sebelum memotret para warga lokal dan keseharian mereka. Jangan menyalakan api atau membuang puntung rokok sembarangan saat berkunjung ke kawasan hutan dengan dedaunan yang cenderung mudah terbakar. Jangan sembarangan memetik bunga atau akar pepohonan kala berwisata ke alam terbuka.

Jangan menawar harga terlalu rendah untuk kerajinan para penduduk lokal. Belajar untuk mengapresiasi niat serta usaha mereka. Konsultasilah dengan pimpinan perjalanan Anda mengenai harga-harga barang/kebutuhan yang Anda ingin beli di lokasi. Ikuti instruksi dari pemimpin perjalanan Anda, adalah ide yang baik.


Fasilitas yang kami sediakan

Untuk perjalanan ini, harga yang kami tawarkan sudah meliputi:
  • Transportasi darat & laut selama perjalanan
  • Makan selama perjalanan sesuai jadwal
  • Oleh-oleh untuk warga lokal
  • Tip untuk pertunjukan tradisi
  • Honor pemandu lokal
  • Tiket masuk jika dibutuhkan
  • Perijinan lokal
  • Akomodasi di Tuan rumah lokal
  • Asuransi perjalanan (Allianz Indonesia)
 
Harga tidak termasuk:
  • Tiket penerbangan ke dan dari Wanci
  • Pengeluaran dan kebutuhan pribadi
  • Tip untuk warga lokal

Kami selalu terbuka konsultasi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan perjalanan ini bersama kami. Keselamatan serta kenyamanan Anda adalah prioritas kami. Bila Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan mengenai paket ini, silahkan hubungi kami di plesir@spektakel.id.


Syarat & Ketentuan

Peserta dengan penyakit kronis ataupun penyakit bawaan wajib memberitahu secara tertulis kepada pihak Spektakel sebelum perjalanan dilakukan.

Spektakel tidak bertanggung jawab atas keterlambatan/perubahan jadwal penerbangan, atau hal lain karena kelalaian peserta. 

Jika dalam perjalanan terjadi perubahan cuaca ekstrim yang menyebabkan perubahan rencana perjalanan dan/atau pembatalan rencana perjalanan, maka pihak Spektakel tidak dapat disalahkan karena force majeure ini.

Berbagai kegiatan pilihan yang ingin dilakukan selama perjalanan wajib dikonfirmasikan kepada Spektakel sebelum keberangkatan.

Peserta perjalanan dianggap telah menyetujui Keadaan Umum dari perjalanan ini bila tidak ada pemberitahuan menyangkut berbagai hal diatas, kepada pihak Spektakel sebelum hari keberangkatan.




  Laki-laki      Perempuan